Dankodiklat Angkatan Darat Resmikan Titik Tinjau Latihan Tempur di Omiba

Dankodiklat Angkatan Darat Letnan Jendral TNI  AM. Putranto, S.Sos meresmikan pembangunan titik tinjau latihan tempur yang lokasi di Objek Militer Baturaja (OMIBA), tepatnya Simpang Batumarta, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Selasa (11/2/2020).

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan batu prasti yang disaksikan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, .SIP., M.Hum beserta para jendral dan Perwira juga anggota TNI lainnya, khususnya Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan dan tamu undangan.

“Kita melakukan pembenahan tempat latihan Brigade pertempuran kemudian kita juga membangun beberapa fasilitas latihan untuk mendukung kegiatan latihan,” kata Dan Kodiklat AD Letjen TNI AM Putranto kepada wartawan saat di lokasi.

Sebelumnya, kegiatan peresmian titik tinjau latihan tempur sendiri diawali di Gedung Garuda Puslatpur Martapura, Kabupaten OKU Timur. Kemudian barulah dilanjutkan dengan kegiatan peresmian pembangunan titik tinjau latihan tempur yang berlokasi tidak jauh dari jalan lintas Sumatera, atau Simpang Batumarta, Kota Baturaja Kabupaten OKU.

“Pembangunan titik tinjau kita ini, dibangun diatas lahan OMIBA seluas 12 ribu hektar dari 43 ribu hektar lahan yang ada. Pembangunan ini juga merupakan hasil kerjasama, pihak Kodiklat AD mendapatkan hibah dari PT KAI dan PT BA juga bantuan dari KSAD. Yang mana bertujuan untuk mewujudkan pusat latihan tempur ini bertaraf internasional,” sambung Letjen AM Putranto.

Dijelaskan Jendral Bintang 3 ini, kenapa pusat latihan tempur OMIBA bisa menjadi bertaraf nasional. Hal ini berdasarkan pengalaman
ketika dirinya pernah berkunjung ke Joint Readines Training Center Amerika Serikat. Meski tidak harus sama persis dengan yang di Amerika, Letjen AM Putranto berharap bisa mencontoh gambaran yang ada.

Mengenai tentang adanya kerjasama pada pembangunan titik tinjau latihan tempur terhadap PT KAI dan PT BA dengan TNI. Letjen AM. Putranto menuturkan, bahwa jalur rel kereta api PT KAI berada diatas lahan OMIBA milik TNI, jadi pada saat pihak TNI memindahkan satu petak tempat latihan kesektor kiri. Pihak PT KAI memberikan hibah untuk pembangunan titik tinjau, hal ini bertujuan agar kedua belah tidak merasa terganggu pada saat digelar latihan tempur.

“Pusat latihan tempur kita ini rencananya akan dijadikan tempat latihan operasi militer perangan beberapa fasilitas juga akan dilengkapi. Sehingga nantinya tempat latihan tempur ini akan menjadi pusat latihan tempur terlengkap se Indonesia,” pungkasnya. Abrawi Bst – OKU

Cybertroop Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Aksi Kejahatan Rumsong Kembali Terjadi di Wilkum Pondok Gede

Kam Feb 13 , 2020
Dankodiklat Angkatan Darat Letnan Jendral TNI  AM. Putranto, S.Sos meresmikan pembangunan titik tinjau latihan tempur yang lokasi di Objek Militer Baturaja (OMIBA), tepatnya Simpang Batumarta, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Selasa (11/2/2020). Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan batu prasti yang disaksikan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, .SIP., M.Hum beserta para […]