Iptu Heru Siswanto, S.Pd, MM: “Jaga Kampung Rambutan Rumah Kita”

KAPOLSUBSEKTOR Terminal Bus Kampung Rambutan Iptu Heru Siswanto, S.Pd, MM mengungkapkan, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari selaku penanggungjawab Kamtibmas dimulainya dengan melakukan langkah-langkah preemtif dan preventif dalam menjaga Kamtibmas di wilayah tugasnya.

“Preemtif itu pembinaan. Contohnya dengan cara saat kita melaksanakan giat Jumat bersih setiap minggu. Setelah selesai kita kumpulkan, beri pengarahan dan pesan-pesan Kamtibmas. Di sinilah pentingnya komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik, tidak ada yang kuat, hebat tanpa adanya kebersamaan,” tegas Iptu Heru kepada MBN, Senin (8/9/2019).

Terkait Kamtibmas, Heru mangatakan, hal itu adalah tanggungjawab semua elemen masyarakat yang ada di Kampung Rambutan. “Di samping itu juga langkah kita sebagai anggota Polri, yaitu dengan merangkul silaturahim para kepala tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di sini,” kata Heru.

Ini, kata Heru, dilakukan sebagai wujud bahwa Polri harus Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya), sesuai dengan kebijakan Kapolri. “Dengan strategi itu, anggota Polri akan menumbuhkan trust (kepercayaan-red.) kepada masyarakat, sehingga Kamtibmas itu bisa aman, nyaman dan kondusif,” ungkapnya.

Di sini Polri juga harus sinergi dengan pihak TNI dan unsur lainnya, mulai dari Koramil, Dishub, Kelurahan dan Kecamatan. “Dalam rangka menjaga Kamtibmas setiap malam Minggu diadakan apel Tiga Pilar, yaitu TNI, Polri dan Pemda, dibantu seluruh ormas, Potmas serta elemen masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Ciracas,” imbuhnya.

Langkah-langkah ini diterapkan Heru Siswanto selama menjabat Kapolsubsektor dalam kurun waktu satu tahun ini, sesuai dengan perintah pimpinan, baik Kapolri, Kapolda, Kapolres dan Kapolsek. Tujuannya dalam rangka menciptakan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di wilayah hukum Polsek Ciracas, khususnya di Kampung Rambutan. “Jaga Jakarta Timur Rumah Kita”, merupakan motto dari Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Adi Wibowo yang diadopsi menjadi, “Jaga Kampung Rambutan Rumah Kita,” ungkapnya.

Selain itu juga agar seluruh masyarakat dan elemen masyarakat yang ada di sini tergerak hatinya dalam menjaga “Kampung Rambutan Rumah Kita” dari gangguan-gangguan Kamtibmas yang ada. “Selama ini kami berhasil menekan angka kejahatan, seperti copet, calo, hipnotis, gendam dan segala kegiatan melanggar hukum,” ungkap Heru Siswanto.

Di sisi lain, orang nomor satu di jajaran Polsubsektor Terminal Kampung Rambutan ini mengharapkan agar keadaan di wilayahnya tetap aman, nyaman dan kondusif. “Antara Kepolisian dan media harus juga saling bersinergi dan tukar informasi yang akurat, agar terjalin kestabilan keamanan di sekitar wilayah hokum ini,” ungkap Heru mengakhiri. BAMS – JAKARTA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *