Lagi, Polisi Ringkus Gurandil di Sukajaya Bogor

BOGOR – RA, 28, penambang emas tanpa izin (PETI) alias Gurandil di Sukajaya, Kabupaten Bogor yang selama ini dituding sebagai salah satu penyebab bencana banjir bandang dan longsor awal tahun kemarin.

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy menjelaskan terungkapnya kasus PETI berdasarkan hasil kerja keras dan upaya yang masif tim gabungan paska bencana longsor akibat eksploitasi alam di wilayah Bogor bagian barat.

“Ini sebagai tindak lanjut dari antisipasi terjadinya bencana alam yang disebabkan maraknya eksploitasi
alam berupa penambangan emas secara ilegal,” katanya.

Ia menyebutkan, dari tangan tersangka, pihaknya berhasip menyita sejumlah barang bukti berupa peralatan pengolahan emas.

“Jadi tersangka ini perannya sebagai pengusaha pengolahan emas dari para gurandil (penambang emas tanpa ijin). Sehingga saat digerebek ditemukan cukup banyak barang bukti,” katanya.

Barang bukti yang diamankan itu yakni peralatan pengolahan emas tanpa ijin berupa 70 alat gelundungan emas, 6 buah tong besar, 20 karung pasir serta tanah yang berisikan kandungan emas, 4 karung karbon, 2,5 botol yang berisikan cairan merkuri, 3 buah kompressor, 6 buah dynamo dan banyak lagi. “Adapun omsetnya dalam sebulan tersngka bisa mengantungi Rp30 juta,” katanya.

Terhadap tersangka, pihaknya akan menjerat dengan pasal 161 dan atau pasal 158 Jo. Pasal 37 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 04 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, dengan ancaman pidana 10 tahun penjara dengan denda 10 Miliar Rupiah.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan pengungkapan kasus PETI ini dapat kembali memberikan dampak positif bagi alam sekitar pegunungan di Sukajaya, agar tidak terjadi bencana lagi,” ungkapnya.(die/nto)

Cybertroop Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terima Suap Terkait Izin RS dan Vila di Puncak, Pejabat Pemkab Bogor Resmi ditetapkan Tersangka

Kam Mar 5 , 2020
BOGOR – RA, 28, penambang emas tanpa izin (PETI) alias Gurandil di Sukajaya, Kabupaten Bogor yang selama ini dituding sebagai salah satu penyebab bencana banjir bandang dan longsor awal tahun kemarin. Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy menjelaskan terungkapnya kasus PETI berdasarkan hasil kerja keras dan upaya yang masif tim gabungan […]