Pemuda Tani Tunas Muda Budidayakan Tanaman Buah Lokal

Kelompok Pemuda Tani TUNAS MUDA Kejobong
MINATI BUDIDAYA TANAMAN BUAH LOKAL BERNILAI EKONOMI TINGGI

Kejobong. Jika ditempat lain sektor pertanian kurang diminati kalangan pemuda, tidak demikian dengan di Desa Kejobong. Melalui tangan dingin seorang PPl Wilbin, Mustangin, beberapa orang pemuda yang mempunyai hobi di sektor pertanian berkumpul dan sepakat mendirikan sebuah kelompok pemuda tani dan berusaha menggali potensi wilayah yang ada di Desa Kejobong.

Salah satunya dengan mengembangan tanaman buah lokal. Kelompok yang terbentuk pada tanggal 22 oktober 2019 tersebut diberi nama Kelompok Pemuda Tani Tunas Muda Desa Kejobong, dengan ketua Aryanto dan di bantu oleh pengurus kelompok yang lain.

Kelompok ini setiap hari Selasa Kliwon jam 13.00 WIB mengagendakan pertemuan rutin untuk membahas berbagai hal, menjadi ajang silaturahmi pemuda dan berbagi ilmu dibidang pertanian.

Salah satu rencana kegiatan kelompok yang telah disepakati adalah membuat kebun pembibitan swadaya. Kegiatan positif ini langsung direspon oleh pemerintah desa melalui program Bumdes dengan membentuk unit kerja perbenihan tanaman melalui sambung pucuk. Tanaman buah lokal yang mempunyai nilai ekonomi tinggi seperti Apokat, Durian, Mangga, Klengkeng menjadi pilihan para anggota pemuda tani untuk dikembangkan.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pemuda tani dalam hal perbanyakan vegetatif tanaman buah tersebut, petugas penyuluh di wilayah binaan mencoba mengkomunikasikan hal tersebut dengan BPP Kecamatan Kejobong sehingga kemarin Kamis (20/2) dilakukan training BPP Kejobong di kelompok pemuda tani Tunas Muda Desa Kejobong, yang dilaksanaan di sekitar rumah Kepala Desa setempat yaitu di Dusun Karangpoh Desa Kejobong.

Materi training adalah perbanyakan vegetatif hortikultura sesuai dengan kebutuhan kelompok pemuda tani. Materi teknis disampaikan oleh Kepala BPP Kejobong Agus Hamarsudi, S.ST bersam tim penyuluh. Selanjutnya kegiatan tersebut dijadikan program unggulan kelompok. “Kami bersyukur dan memberikan apresiasi karena mulai tumbuh generasi penerus yang peduli dan mencintai bidang pertanian” Kata Agus Hamarsudi diakhir pertemuan….

Cybertroop Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kodim 0403 OKU Jalin Silahturahmi

Jum Feb 21 , 2020
Kelompok Pemuda Tani TUNAS MUDA Kejobong MINATI BUDIDAYA TANAMAN BUAH LOKAL BERNILAI EKONOMI TINGGI Kejobong. Jika ditempat lain sektor pertanian kurang diminati kalangan pemuda, tidak demikian dengan di Desa Kejobong. Melalui tangan dingin seorang PPl Wilbin, Mustangin, beberapa orang pemuda yang mempunyai hobi di sektor pertanian berkumpul dan sepakat mendirikan […]