Penanggulangan Narkoba Butuh Peran Serta Masyarakat dari Berbagai Lapisan

Upaya penanggulangan narkoba membutuhkan dukungan semua pihak termasuk peran serta masyarakat dari berbagai lapisan. Pelibatan peran serta masyarakat diharapkan dapat membentuk daya tangkal yang kuat terhadap ancaman narkoba.

Terkait hal ini, Ricky Yanuarfi, S.H.,M.Si, selaku Kasubdit Lingkungan Kerja Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN RI mengatakan, pelibatan masyarakat dalam pembangunan berwawasan anti narkoba bisa dilakukan melalui, pertama, promosi hidup sehat, tanpa narkoba, sebagai edukasi terdepan informasi bahaya narkoba.

Kedua, Masyarakat yang menjadi penggiat anti narkoba, sebagai pengembang kapasitas SDM anti narkoba. Ketiga, pembinaan lingkungan bersih dari narkoba. Terakhir, fasilitator, sebagai pembangun sinergitas program dan kegiatan P4GN di internal, dan eksternal di masyarakat.

Menyadari pentingnya hal ini, maka BNN terus melakukan upaya pemberdayaan masyarakat, salah satunya melalui pembekalan para penggiat anti narkoba di berbagai penjuru nusantara melalui bimtek.

Ricky menekankan bahwa outcome yang diharapkan muncul dari adanya penggiat anti narkoba adalah adanya pengetahuan, lalu timbul kesadaran, kemudian memiliki keterampilan dan pada akhirnya memiliki kemandirian dalam melaksanakan P4GN.

Kepada penggiat anti narkoba, Ricky mengatakan, upaya P4GN di lingkungan kerja bisa dimulai dari langkah kecil.

“Contohnya, dalam apel satuan kerja di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah, manfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan pesan bahaya narkoba,dan tidak perlu panjang-panjang agar pesan itu efektif tersampaikan,” imbuh Ricky, saat menjadi pemateri terakhir dalam kegiatan Bimtek Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN di Instansi Pemerintah, di Medan, Kamis (8/8).

Kegiatan bimtek untuk para penggiat anti narkoba ini meninggalkan kesan yang positif untuk peserta. Isnania, salah seorang penggiat yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara mengaku senang dan bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini memberikan banyak pemahaman baru. Komitmennya sebagai penggiat anti narkoba begitu kuat, yaitu ia ingin membagi wawasan tentang bahaya narkoba kepada seluruh ASN di lingkungan kerjanya. Biro Humas dan Protokol BNN RI

Cybertroop Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Plh. Kapolres Tanggamus Sambut Pawai Kebangsaan Provinsi Lampung di Way Sekampung

Sab Agu 10 , 2019
Upaya penanggulangan narkoba membutuhkan dukungan semua pihak termasuk peran serta masyarakat dari berbagai lapisan. Pelibatan peran serta masyarakat diharapkan dapat membentuk daya tangkal yang kuat terhadap ancaman narkoba. Terkait hal ini, Ricky Yanuarfi, S.H.,M.Si, selaku Kasubdit Lingkungan Kerja Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN RI mengatakan, pelibatan masyarakat dalam pembangunan berwawasan […]