Prajurit dan PNS Kodam II/Sriwijaya seGarnisun Palembang Segarkan Kembal PPM

Segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj di wilayah Garnizun Palembang, melaksanakan penyegaran terhadap kemampuan dasar prajurit atau dikenal dengan Peraturan Militer Dasar (Permildas). Adapun materi yang dilatihkan pada kegiatan Minggu Militer kali ini adalah Peraturan Penghormatan militer (PPM). Kegiatan latihan ini berlangsung selama 3 hari, yakni tanggal 27, 29 dan 30 Agustus 2018.*

Diawasi langsung Kajasdam II/Swj Kolonel Inf M. Arief Suryandaru dan Letkol Inf Parada Siringoringo serta Perwira Staf Itdam II/Swj dengan Pelatih Mayor Chb Rosikin dan personel dari Jasdam II/Swj , Rabu (29/8/2018) segenap Prajurit dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang menerima pembekalan Materi PPM, di lapangan apel Jasdam II/Swj KM. 9 Palembang.

Pada kesempatan tersebut Pelatih PPM, Mayor CHb Rosikin mengatakan, bahwa mengacu pada PPM TNI Terbaru dan berdasarkan Perpang TNI No. 45, tanggal 31 Desember 2014, pengertian PPM adalah suatu perwujudan penghargaan seseorang terhadap orang lain atas dasar tata susila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Dia juga menjelaskan bahwa, PPM bertujuan untuk membentuk suatu ikatan jiwa yang kuat, kedalam maupun keluar, hanya dapat dicapai antara lain, dengan adanya pernyataan saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan tertib sempurna dan penuh keikhlasan.

Latihan yang dilaksanakan hari ini, sambung Mayor Rosikin bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam II/Swj tentang ketentuan-ketentuan yang harus dipedomani berkaitan Peraturan Penghormatan Militer (PPM), sehingga diharapkan tidak ada pelanggaran atau tegoran yang diakibatkan kesalahan dalam perlakuan terhadap atasan, baik atasan langsung maupun tidak langsung.

Dalam pelaksanaan latihan, seluruh Prajurit dan PNS dari satuan jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang diberikan latihan tentang penghormatan/perlakuan apabila berpapasan dengan atasan langsung, atasan tidak langsung dan kepada Perwira Tinggi (Pati), baik dalam hubungan perorangan maupun kelompok serta penghormatan dalam keadaan khusus, seperti pada saat melaksanakan kegiatan maupun dalam menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Diakhir kegiatan, Mayor Rosikin menyampaikan, materi PPM sudah tidak asing lagi bagi prajurit, untuk itu diharapkan kepada seluruh prajurit Kodam II/Swj, agar melaksanakan kegiatan dengan sunguh-sunguh dan penuh semangat serta rasa tanggung jawab sehingga apa yang sudah didapat selanjutnya diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di satuan masing-masing. Sumarni – Sumsel
————- o0o ————-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *