Sambut HUT RI Ke 74, Warga Lorong Sa’ari Bangun Gapura Unik

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Dirgahayu HUT RI Ke-74 tahun 2019, banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat diberbagai daerah di Indonesia. Tanpa terkecuali warga masyarakat lorong Sa’ari, Rt 09/Rw 04, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan.

Yang mana warga masyarakat dilorong ini menghiasi gerbang lorong mereka dengan membangun Gapura berwarna merah putih bermotif sepasang pohon pisang, lengkap dengan daun beserta buahnya. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang melintas.

Gapura yang dibangun secara bergotong royong ini, memiliki kekuatan yang kokoh. Sebab sengaja dibuat dengan menggunakan besi dan cor beton berkualitas, sehingga tingkat ketahanan dan keamanannya bisa sampai bertahun-tahun.

Selain itu, keunikan Gapura juga menarik perhatian Pemerintah Kabupaten OKU melalui tim penilaian Gapura. Yang terdiri dari pihak Kecamatan dan Kelurahan setempat terjun langsung ke lokasi, menilai Gapura milik warga masyarakat lorong Sa’ari.

“Alhamdulillah, tadi pak Camat Baturaja Timur yang diwakili Sekretaris Camat bapak Suryadi SE beserta Lurah Sukajadi, ibu Oktaria Rosalina S.IP, M.Si didampingi Taufik Ketua Karang Taruna beserta anggota Karang Taruna lainnya sengaja datang langsung kesini untuk memberikan penilaian ,”kata Suryadi, salah seorang tokoh masyarakat lorong Sa’ari bersama ketua Rt dan masyarakat lainnya, saat ditemui di lokasi, Jum’at (16/8/19).

Dijelaskan Suryadi, pembangunan Gapura sebagai tanda atau gerbang masuk ke lorongnya dengan motif pohon pisang yang dihiasi lengkap dengan buahnya berdasarkan kesepakatan bersama, yang diawali ide dari dirinya dan rekannya Asep Feriansyah.

“Untuk kreatif dan seninya sengaja kami bikin sama persis seperti pohon pisang beneran, sebab dengan warna pohon dan daunnya yang hijau akan menimbulkan kesan alami dan sejuk. Apalagi setelah dibalut dengan bendera merah putih, semakin menambah rasa bangga dan kecintaan kami kepada Negeri ini ,”ujarnya seraya menjelaskan pembangunan Gapura, proses pengerjaannya memakan waktu 1 minggu lebih.(Suryadi OKU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *