Ungkap Korupsi Air Bersih, Kejari Berau Kembalikan Uang Pengganti Kerugian Negara Rp11,9 Miliar

BUSER NUSANTARA.COM-BERAU.Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) resmi mengembalikan Rp11,9 miliar uang negara yang di korupsi dua terpidana kasus kasus korupsi proyek penyediaan air bersih perkotaan tahun anggaran 2006-2010 (multiyear) dengan nilai proyek senilai Rp229 miliar, Selasa (10/02)

“Sebetulnya total kerugian negara dalam kasus ini senilai Rp45 milyar, jadi masih ada sisa Rp 33 milyar, yang belum dikembalikan oleh dua terpidana yakni Direktur PT Karya Arga Nusa, Sutirto Bachrum dan Direktur Konsultan Pengawas CV Adhi Jasa Putra, Cahyo Adi,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb Jufri dalam keterangan pers di kantornya di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kaltim, Selasa (18/02).

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan kerugian keuangan negara ini bermula dari adanya kegiatan penyediaan sarana air bersih dengan skema anggaran multi year (2006 – 2010) oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Berau.

“Saat dilelang, tender proyek itu dimenangkan PT Wijaya Karya – PT Karya Arganusa-jo (join operasinol), dan CV Adhi jasaputra Konsultan – PT Mitra Plan Konsultan join operasional jo. Tapi dalam pelaksanaannya terpidana Cahyo selaku Direktur Adhi Putra tidak memiliki kemampuan dasar dalam bidang air bersih.

“Sehingga terpidana mencoba menjalin kerjasama dengan PT Mitra Plan konsultan. Namun faktanya terpidana tak pernah PT Mitra Plan Konsultan, baik disaat penawaran maupun dalam pengawasan kegiatan pekerjaan sehingga menimbulkan kerugian keuangan Negara atas kelebihan pembayaran senilai Rp 312.352.727, sesuai hasil audit BPK RI,” jelasnya.

Sementara untuk terpidana Sutirto Bachrum selaku Direktur PT Karya Arganusa, terbukti melakukan Mark up harga dan persekongkolan lelang, sehingga terjadinya kerugian negara senilai Rp33.058.778.761.

“Atas perbuatan mereka keduanya telah dijatuhi hukuman masing-masing Cahyo Adi penjara selama 6 tahun, dan Sutirto Bachrum dijatuhi hukuman kurungan penjara selama 10 tahun dan mengembalikan dana kerugian Negara,” pungkasnya.(andi)

Cybertroop Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gelar Bakti Sosial, Komunitas HPB Rutin Bagikan Sembako Kepada Warga Tak Mampu

Jum Feb 21 , 2020
BUSER NUSANTARA.COM-BERAU.Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) resmi mengembalikan Rp11,9 miliar uang negara yang di korupsi dua terpidana kasus kasus korupsi proyek penyediaan air bersih perkotaan tahun anggaran 2006-2010 (multiyear) dengan nilai proyek senilai Rp229 miliar, Selasa (10/02) “Sebetulnya total kerugian negara dalam kasus ini senilai Rp45 […]