Viral, Batu Susun Rompe Suka Raharja Jadi Sorotan

DI PENGHUJUNG tahun 2019 tepatnya 25 Desember, wilayah Desa Sukaraharja, Blok Rompe, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditemukan batu susun oleh salah seorang warga yang hendak pergi ke ladangnya yang berdekatan dengan batu susun tersebut.

Saat itulah, warga mulai berdatangan ingin melihat dan mengetahui keberadaan batu susun yang belakangan diberi nama Batu Susun Rompe Raharja tersebut. Mulai dari tempat sampai bentuknya. Temuan yang sempat viral di medsos ini, kini menjadi sorotan banyak pihak.

Salah satunya Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis Erwan Dermawan, yang langsung meninjau ke lokasi batu susun tersebut. Ia membenarkan bahwa Batu Susun Rompe bukan peninggalan kerajaan, namun hanya dampak alam yang disinyalir ada campur tangan orang orang terdahulu.

Hal serupa diungkapkan Dr. Undang Darsa, ahli filologos yang juga Ketua program FAK FIB dan sejarah UNPAD serta Dr. Elis Suryani, dosen senior UNPAD ahli Linguistik yang kebetulan ikut melakukan survei bersama tim ke lokasi.

Survei yang dipimpin tokoh budaya dan sejarah Sunda Irjen Pol Pur. Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N itu juga mengikutsertakan Tim Duta Sukapura, yakni Rd Dicky, Rd Diding dan Rd Dede Rahmat, pekan lalu.

Tim surver menyatakan Batu Susun Rompe sebagai Hipotesis awal. Jelasnya bisa dikategorikan sebagai sebuah situs yang merupakan hasil karya orang-orang terdahulu. AGUS PRATAMA – CIAMIS

Cybertroop Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wabup Nias Barat Hadiri Musrenbang di Ulu Moroo

Ming Feb 16 , 2020
DI PENGHUJUNG tahun 2019 tepatnya 25 Desember, wilayah Desa Sukaraharja, Blok Rompe, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditemukan batu susun oleh salah seorang warga yang hendak pergi ke ladangnya yang berdekatan dengan batu susun tersebut. Saat itulah, warga mulai berdatangan ingin melihat dan mengetahui keberadaan batu susun yang belakangan diberi nama […]