Kapolsek Koba, Berharap jangan anarkis. Percayakan kepada penegak hukum.

Kapolsek Koba, Berharap jangan anarkis. Percayakan kepada penegak hukum.

 

Bangka tengah -Warga lingkar tambang dukung Polisi kosongkan 200 ponton Tambang Inkonveksional (TI) rajuk di wilayah Marbuk, Pungguk dan Kenari Koba.

Dukungan diikuti aksi dengan mendatangi Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah, berlanjut mendatangi lokasi tambang seputaran Marbuk, kenari dan Pungguk.

Pada Sabtu (10/4) sore di GSG, puluhan warga Kelurahan Simpang Perlang dan perwakilan Kelurahan Berok disambut oleh Kapolsek Koba, Martuani manik dan Camat Koba, Muslimin.

Sahroni alias Sarikuk dihadapan Kapolsek Koba dan Camat Koba, menyebut bahwa ponton TI rajuk di lokasi tersebut jumlahnya sudah mencapai 200 unit. Jika cara kerjanya serentak dengan teknis penambangan menyalahi aturan tidak memenuhi standart maka tidak bisa bicara lagi.

“Kami tidak nyaman lagi tinggal disana, karena malam-malam jam 1 malam mereka membuat kami tidak nyaman. Kami tidak bisa bertoleransi, karena hak kami dibatasi oleh orang lain,” kata Sarikuk.

Sarikuk juga turut turun kelapangan, sebelumnya beberapa hari lalu Polsek Koba turun ke lapangan mengimbau penambang untuk membongkar ponton-pontonnya. Hari ini, warga datang siap mendukung Polsek Koba segera membongkar ponton-ponton dan mengosongkan lokasi tersebut.

“Intinya kami minta segera dibongkar, agar semua masyarakat di hilir hulu tentram,” pungkas Sarikuk.

Kepala Lingkungan (Kaling) 2 Kelurahan Simpang Perlang, Sopian menyebut warga siap membantu Polsek Koba membantu pembongkaran. Jikapun ada jaminan dari pihak terkait menyuruh warga yang bongkar, maka wargapun siap membongkarnya.

“Tapi kami minta jaga keamanannya,” kata Sopian.

Kapolsek Koba, Martuani Manik mengatakan intinya minta bongkar. Ia meminta warga agar jangan anarkis, percayakan kepenegak hukum.

“Saya akan berupaya sesuai arahan Kapolres Bateng untuk melakukan penertiban. Dan kami berterimakasih kepada masyarakat telah mendukung kami,” ungkap Kapolsek Koba. (RN)

Puskominfo Indonesia

Ref : Rmn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *