IMG 20230627 WA0030

Akibat Pelayanan Yang Buruk Disdukcapil Lebak Warga Harus Menunggu Berbulan-bulan Untuk Mendapatkan E-KTP

News
Spread the love

 

Lebak,(BN)-Warga lebak kini dikeluhkan dengan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil kabupaten lebak yang dinilai lambat dalam melayani kebutuhan masyarakat yang hendak membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Buruknya layanan publik dinilai mencoreng citra birokrasi pemerintahan kabupaten lebak. Masyarakat berpandangan kejadian yang dirasakan warga lebak telah membudaya di lingkungan disdukcapil lebak yang sering lambat dalam pembuatan dokumen kependudukan.

Menurut keterangan,dugaan kesulitan dalam pembuatan E- KPT yang dirasakan masyarakat lebak di duga akibat ulah oknum pegawai dinas dukcalil sendiri.

Menurut keterangan yang pernah dirasakan masyarakat lebak pihak dinas selalu beralasan-alasan tidak ada blangko. Namun masyarkat merasa heran ketika orang yang dianggap punya kedudukan tinggi atau orang yang disegani pelayanan dari disdukcapil langsung sigap dalam melayanai pembuatan KTP/dokumen lainnya tersebut. Sebagian masyarakat merasa dibeda-bedakan oleh dinas Kependudukan.

Menurut Eman dirinya pernah mengalami hal serupa ,pihak pemrintah desa Ciminyak saat menyampaikan kepada wartawan Buser Nusantara dirinya pernah mendatangi kantor Capil Kabupaten Lebak bertujuan untuk melakukan pembuatan E-KPT warganya namun dirinya merasa di persulit karena harus sampai menunggu berbulan-bulan kata Eman.

Informasi dari Eman pun langsung disikapi oleh aktivis Banten, menurutnya apa yang dirasakan Eman pernah juga dirasakan masyarakat lainnya terutama dalam pembuatan E-KTP warga dengan dalih berbagai alasan yang tidak masuk akal oleh dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemda Lebak. Menurutnya ada yang tidak beres didalam lingkungan dinas yang bersangkutan dan harus segera ditindak. Karena akibat buruknya pelayanan publik hingga harus mengorbankan kebutuhan masyarakat kabupaten lebak.

Menurutnya jika pemerintah khususnya bupati lebak tidak mengindahkan atau mebereskan persoalan dilingkungan disdukcapil yang sangat serius ini,maka dirinya siap mengajak sebanyak mungkin masyarakat lebak yang merasa kecewa dengan pelayanan Disdukcapil Lebak Banten untuk turun ramai-ramai tegasnya pada 26/06/2023.

Baca Juga :  Pihak Sekolah SDN 2 Tanjungwangi Kembalikan Sisa Uang Bantuan PIP Kepada Wali Murid,

Sementara saat di hubungi Dinas Kependudukan dan Cataan Sipil oleh awak media mengaku sedang berada tugas di luar. Sampai saat ini awak media masih berupaya mengomfirmasi pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangannya.***

Jurnali: Babang Idan
Editor: Asep Zaenal Ulum,SH