Bekawan Bateng : Wartawan Itu Meliput, Jangan Menjadi Marketing Iklan

Bekawan Bateng : Wartawan Itu Meliput, Jangan Menjadi Marketing Iklan

 

Bangka tengah – Bersama Komunitas Wartawan (Bekawan) Bangka Tengah (Bateng) imbau anggotanya fokus membuat berita, jangan urusi dapur Pemerintahan Kabupaten Bateng terkait Kontrak Kerja sama.

“Imbauan ini saya sampaikan, agar anggota Bekawan bekerja sesuai Tugas dan fungsinya sebagai pembuat berita bukan sebagai marketing iklan hingga menjadi pengatur anggaran Pemerintah Bateng,” ujar Ketua Bekawan Bateng, Herdian Farid, Kamis (8/7).

Herdian mempersilakan anggotanya membuat berita yang bersifat membangun ataupun mengkritik sesuai kaedah jurnalistik, bukan opini ataupun hoax yang dapat merugikan orang lain.
“Cari informasi dan data, konfirmasi lalu tulis dengan rill hingga menjadi tulisan dan informasi yang benar-benar bermanfaat bagi publik bukan bahan tertawaan publik,” ulasnya.

Selama ini, menurur Herdian tidak ada pihak manapun yang dapat mengintervensi anggota Bekawan, termasuk sesama anggota dan Pembina. Komunitas ini dibuat untuk mempersamakan visi misi dalam membangun melalui tulisan yang bermanfaat. Komunitas dengan mayoritas wartawan online inipun mempersilakan Pemkab Bateng menghubungi manajemen perusahaan, jika ingin melakukan kontrak kerjasama dalam prodak pers bersifat iklan.

“Kalau nulisnya, ya silakan narsumber berhubungan kami. Ingat wartawan hanya nulis, bukan ngurus iklan atau menjadi marketing. Bekawan Bateng, anti itu,” tegas Herdian.

Dalam hal ini, Pemerintahan Kabupaten Bateng juga harus mengetahui bahwa di Bateng ini beragam wartawan yang melakukan peliputan. Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Bateng melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfosta) Bateng sekali kali melakukan silaturahmi dengan awak media yang standby melakukan peliputan di Bateng.

“Kita sarankan banyak-banyak tukar pikir dengan awak media yang ada di Bateng secara keseluruhan, jadi buah pikir kawan-kawan juga bisa menjadi bagian dalam membangun Bateng nambah unggul di bidang informasi publik,” cecarnya.

Puskominfo Indonesia

Ref ; Ramon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *