IMG 20220602 WA0034

Bibir Sungai Cisimeut Lebak Banten Longsor Di Guyur Hujan 4 Rumah Warga Rusak

Sorot
Spread the love

 

Busernusantara.com,- Lebak – Bibir Sungai Cisimeut di Kampung Bojongrandu, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten, longsor akibat hujan deras. Dampaknya, ada empat rumah warga rusak.

Warga bernama Jahra mengatakan peristiwa ini terjadi pada Senin (30/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu hujan turun cukup deras sejak Minggu (29/5) malam.

“Langsung longsor (bibir sungai), sebelumnya ada hujan deras semalaman,” kata Jahra kepada awak media di lokasi, Selasa (31/5/2022).

Setelah hujan deras, dia mengaku ada getaran yang membuat atap rumahnya bergeser. Atap itu ada di bagian dapur dan kamar mandi rumahnya. Agar tidak berdampak pada seluruh rumah, dia pun memotong atap yang bergeser.

“Sebelumnya pernah kejadian, terus pelan-pelan makin longsor. Lebih besar yang kemarin. Ini sengaja di potong biar nggak ambruk semua,” tuturnya.

Selain rumahnya, ada tiga rumah lainnya yang juga terdampak longsoran bibir sungai tersebut. Rumah itu milik Armad, Bini, dan Yanto.

Di lokasi yang sama, Kepala Desa Sangkanmanik, Jaya, mengatakan longsoran sudah terjadi dua kali. Sebelumnya terjadi sekitar dua bulan lalu. Semua disebabkan hujan.

“Sekitar dua bulanan, ini yang kedua kalinya. Ini yang paling parah, iya sama karena hujan,” kata Jaya.

Sebelumnya, posisi rumah ada di 200 meter dari bibir sungai. Aliran air kemudian terus bergeser hingga terjadi longsoran.

Selain rumah warga, lahan perkebunan dan sawah warga juga terdampak. Jika ditotal kurang lebih ada 2 hektare kebun dan 4 petak sawah yang terdampak.

“Saya berharap kepada pihak terkait, mudah-mudahan bisa segera terealisasi terkait kejadian longsoran ini,” tambahnya.

(Kontributor Lebak)

Baca Juga :  Aksi Damai Terkait Adanya Penutupan LOKASI Tambang penutupan lokasi tambang