implementasi ybh batara

Implementasi YBH BATARA Di Tengah Masyarakat.

Polisi Today
Spread the love

Jakarta, Senin 26 Juni 2023 Advokat Dianyah Putra.S. Kom.SH MM banyak di sebut sebagai “Advokat Jalanan” yang lebih akrab dengan sebutan Abah Gumay .

Pria kelahiran Palembang, 18 Oktober 1982 , ini adalah pendiri YBH BATARA (Yayasan Bantuan Hukum Baraya Tatar Sunda) yang telah di ketahui banyak pihak selalu membantu masyarakat tidak mampu / Prodeo dalam menangani kasus hukum yang mereka alami.

“Alasan terkuat saya mendirikan YBH BATARA salah satunya ingin merubah paradigma masyarakat tentang hukum yang berlaku di Indonesia, Agar hukum dapat di Terima oleh masyarakat dengan lugas,  karena pada dasarnya hukum mengandung aturan yang dalam melakukan suatu hubungan, berisikan norma-norma, dan segalanya telah disetujui dan terikat pada setiap individu.” Ungkap Diansyah Putra pada team media

Diansyah Putra pun juga merupakan  Sekretaris DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Bulan Bintang Kabupaten Bogor Periode 2019 – 2024, dalam hal ini mengemukakan pengharapan agar masyarakat akan lebih memahami bahwa YBH BATARA akan berupaya membantu semaksimal mungkin kepada masyarakat dengan netral dari kepentingan politik untuk menjembatani instrumen hukum yang dibuat lembaga resmi dengan warga Negara sebagai pemakai hukum.

YBH BATARA itu sendiri adalah sebuah lembaga Bantuan Hukum yang menjadi salah satu pilar penegakkan hukum yang tentunya bersinergi dengan beberapa pilar diantaranya Hakim, Jaksa, dan Polisi, dengan demikian alur keadilan dalam menggali hukum dapat mencapai apa yang di harapkan masyarakat dan kemaslahatan semua pihak.

YBH BATARA yang berkantor di Media Center Puskominfo Jl.Raya Cemplang Km 19 No.05, Kec. Cibungbulang, Kabupaten Bogor

Diansyah Putra yang juga anggota dan Pengurus PERADIN ini berujar ‘’tidak hanya memberikan bantuan hukum, Konsultasi hukum secara gratis tapi juga selama ini mensosialisasikan bagaimana agar masyarakat lebih meningkatkan pengetahuan tentang Kesadaran Hukum serta Pemahaman Hukum Dan meningkatkan Ketaatan terhadap Hukum’’

Baca Juga :  Gunakan Watercanon, Polres Blitar Kota Semprotkan Disinfektan di Pasar Dimoro

YBH Batara tidak hanya merekrut dan melahirkan Advokat Advokat yang handal dan Profesional di perwakilan provinsi, kabupaten kota diseluruh indonesia, dengan cara mengAplikasikan dengan adanya Diklat atau Pelatihan Paralegal gratis yang diadakan di ‘markasnya’ di Media Center Puskominfo Cemplang, dimana para peserta akan mendapatkan bimbingan semua pengetahuan hukum, misal Bedah kasus, mediasi baik secara litigasi maupun non litigasi, gelar Perkara hingga cara menyelesaikan masalah, ada juga Ujiannya dimana peserta yang lolos akan mendapatkan Sertivikat dan KTA Paralegal, untuk para member yang diluar daerah bisa mendapatkan pelatihan Via Zoom Meeting atau perserta bisa datang juga ke kantor di wilayah masing masing dan mendapatkan kartu Member YBH Batara yang manfaatnya juga banyak dan mendapat prioritas pendampingan hukum jika ada permasalahan hukum mau Perdata atau Pidana, banyak member yang bergabung baik dari kalangan masyarakat, pengusaha, ulama, komunitas, kader pemuda,  Ormas/LSM bahkan Aparat aktiv, karena permasalahan hukum bisa menimpa siapa saja, tidak hanya terjadi ke Anggota dan member atau ke kaum kerabatnya member, orang tua, anak bahkan tetangga yang semuanya perlu pendampingan bahkan perlindungan hukum.

Jejak digital yang sudah merekam perjalanan dalam menangani berbagai kasus  dan penyelesaian  YBH BATARA  bisa kita lihat di berbagai media sosial dan media online, Youtube, dan lain lain dimana  semua berhasil terselesaikan dengan baik, YBH Batara dan Team sering menangani perkara diluar jabodetabek, bahkan hampir semua wilayah di indonesia baik pidana maupun perdata pendampingan di Pengadilan maupun luar pengadilan melalui jalur mediasi.

Pada akhirnya YBH BATARA dapat memberikan pengertian kepada sebagian masyarakat , bahwa YBH BATARA tidak akan membebani biaya dalam penanganan proses perkara dalam ranah hukum. Juga merubah pola Fikir  yang terbangun, agar mereka sadar Hukum dan pengaruh  tindakan yang bertentangan dengan Hukum, terlebih pada masyarakat yang kurang mampu. Sehingga ketika mendapati  permasalahan hukum, mereka mau menempuh proses pengadilan dan akan menerima perlakuan adil, secara transparan mengetahui langkah apa yang mereka harus tempuh. Bahkan mereka  tahu harus kemana lagi untuk mendapatkan kepastian hukum terutama terhadap masyarakat yang terzalimi .

Baca Juga :  Menjelang Pergantian Tahun Baru Polres Lebak Alihkan Lalin Disejumlah Titik

implementasi ybh batara implementasi ybh batara2

Diansyah Putra, yang juga pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Puskominfo Indonesia 2019 – hingga Sekarang, ingin mengajak masyarakat lebih cerdas dan cermat dalam melihat dan menyikapi setiap kasus yang berhubungan dengan Hukum, hampir 200 media dibawah Puskominfo baik, cetak, media online serta Era Digital, dimana selalu memberitakan berbagai kegiatan, peristiwa serta berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, disamping sebagai informasi terbuka untuk publik juga mengedukasi masyarakat tentang Hukum dan juga informasi Tepat dan Akurat .

YBH BATARA yang “di lahirkan dan besarkan” oleh Diansyah Putra mempunyai tujuan yang jelas untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam mengimplementasikan keadilan restoratif Dan memperjelas pada masyarakat tentang pandangan dasar masyarakat terhadap hukum yang berlaku. Sehingga akan mengarahkan masyarakat dalam berpikir dan juga bertindak sesuai hukum.

( nrl/Red puskominfo)