Ini Dasar 2 Polsek di Bateng Tak Lagi Punya Kewenangan Menyidik

Ini Dasar 2 Polsek di Bateng Tak Lagi Punya Kewenangan Menyidik

BERDASARKAN Keputusan Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021 bahwa dua polsek di wilayah hukum (wilkum) Polres Bateng (Bangka Tengah) tidak ada lagi memiliki kewenangan dalam penyidikan.

Kapolres Bateng AKBP Slamet Ady Purnomo melalui Kasatreskrim AKP Rais Muin menegaskan, dua polsek di wilayah hukumnya yang tidak lagi memiliki kewenangan penyidikan yakni Polsek Namang dan Koba.

Keputusan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti program prioritas Kapolri yang disampaikan pada acara Commander Wish Kapolri pada 28 Januari 2021 lalu.

“Keputusan demikian hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada daerah tertentu, tidak melakukan penyidikan sejak tanggal ditetapkan 23 Maret 2021,” kata AKP Rais, Kamis (1/4/21).

Kendati tingkat penyidikan sudah dilakukan pihak Polres Bateng, lanjutnya, kedua polsek ini tetap melaksanakan penyelidikan seperti mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Kewenangan seutuhnya hingga tahap pelimpahan berkas ke kejaksaan di Satreskrim Polres Bateng, namun proses penyelidikan tetap ada di Polsek tersebut,” katanya.

“Ya, kalau sudah tahap penyidikan tetap kita ambil alih dari kedua Polsek tersebut,” tambahnya.

Menurut AKP Rais, jumlah personil Satreskrim Polres Bateng 28 termasuk penyidik. Angka ini akan bertambah, setelah adanya kebijakan pimpinan.

“Kita usulkan untuk menambah Personil Satreskrim Polres Bateng menindaklanjuti keputusan Kapolri,” ulasnya. Puskominfo Indonesia/Ramon – Bateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *