Kemensos Sudah Mulai Mencairkan Semua Jenis Bantuan

Kemensos Sudah Mulai Mencairkan Semua Jenis Bantuan

 

Busernusantara.com
Bogor, 15 Mei 2021

Wawancara Media Buser Nusantara dengan Ketua Agen BNI 46 Mulyono diwilayah Kelurahan Cibadak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Pak Muly panggilan akrabnya mengabarkan bahwa beberapa jenis bantuan dari Kemensos sudah mulai dicairkan, antara lain :

Bantuan Sosial Pangan / BSP
Hari ini Saldo pemegang kartu BSP dan PKH telah terisi sebanyak satu bulan yaitu bulan Mei 2021 diwilayah kota Bogor dan wilayah lainnya.
Tapi perlu diketahui oleh Keluarga Penerima Manfaat / KPM, untuk penyaluran Sembakonya lebih baik tetap tunggu kabar dari pendamping TKSK Kecamatan maupun info dari Agen dan E warung penyalur setempat.
ada beberapa KPM yang dari januari februari maret dan april belum tersalurkan atau Saldonya Nol tapi nama ada didata Bayar Kemensos, kemungkinan masih bisa cair lagi pada bulan Mei ini. Kenapa bulan bulan kemarin tidak cair atau pun saldonya Nol..? Karena memang bulan bulan lalu Kemensos masih memadankan data KPM, semoga saja setelah lebaran nama-nama yang bulan-bulan kemarin saldonya Nol bisa terisi kembali.
Kepada KPM sudah saya jelas kan, pemerintah tetap berupaya dan berjanji untuk mencairkan kembali tetapi kan masih proses pematangan data, Jadi tunggu kabar lebih lanjut dari Kemensos melalui Dinsos, TKSK dan Agen atau Ewarong penyalur Program BSP. Semua butuh proses jadi tidak instan.
Dan Bank penyalur juga pada libur tidak ada transaksi sehingga kemungkinan bisa tersalurkan merata itu setelah lebaran,
Lebih baik kita menunggu info selanjutnya, yang pasti bulan Mei ini akan disalurkan.

Untuk Bantuan PKH
Perlu diketahui bahwa masih ada kuota sekitar 380.465 KPM yg blm terisi dan jika nanti setelah lebaran termin 10 berjalan sekitar 92.346 KPM maka masih ada kuota sekitar 288.119 KPM sedangkan data yang harus dipadankan itu jutaan KPM. Mohon dipahami dan hendaknya tetap sabar dan berbesar hati menerima apa pun nantinya dari pusat.
Juga perlu diketahui bahwa yang cair itu untuk tahap 2 yg kemarin belum cair dibulan April dan kalau tahap 3 itu bulan juli cairnya tidak saat ini, jadi PKH dicairkan per tiga bulan.

Untuk KPM BST, yang kemarin terus menerus menanyakan mana BST nya apakah masih ada..?
Surat Keputusan perpanjangan BST sudah ada dan baru tgl 10 Mei 2021 kemarin ditetapkannya dan sekarang sudah libur lebaran
Yang pasti BST itu ada bulan Mei dan Juni
Tinggal pusat nanti yg infokan kapan dan tanggal berapa mulai pencairannya melalui PT POS Indonesia

Bagi semua KPM pastikan dahulu nama anda apakah termasuk dan terdaftar dalam data bayar Bantuan Kemensos biar tidak terlalu berharap jika namanya tidak lagi terdaftar dalam data bayar Bantuan. Untuk Cek apakah nama anda ada di data bayar segala jenis Bantuan, kita bisa cek di daftar New DTKS
Lewat link : cekbansos.kemensos.go.id

Jika nama anda ada dan statusnya adalah “YA”. Maka kesempatan dapat bantuan itu masih ada.

Jadi mohon jangan saling tuding menyalahkan apalagi punya rasa iri dan kurang bersyukur.
Sebab namanya juga bantuan bukan gaji yang harus dituntut. Ucap Muly menutup Keterangannya.

Ref. Isak Syafe’i

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *