IMG 20240419 WA0020

Matel Rampas Motor di Jalan, Kantor KSP Sehati Makmur Abadi Digerudug Massa

Sorot
Spread the love

 

Lebak_BN
Sejumlah anggota Ormas Kesatuan Komando Pembela Merah Putih (KKPMP) dari berbagai daerah yang berada di wilayah selatan Kabupaten Lebak menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sehati Makmur Abadi yang berlokasi di Kampung Polotot, Desa Malingping Selatan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (18/04/2024).

Aksi unjuk rasa ini merupakan buntut perampasan sepeda motor jaminan utang milik salah seorang warga Malingping oleh oknum Debt Collector atau biasa dikenal dengan istilah mata elang (Matel) yang diduga salah satu mitra dari Koperasi tersebut.

Massa aksi menganggap KSP Sehati dan oknum Debt Collector atau mata elang (Matel) melakukan perampasan kendaraan di jalan dengan secara paksa. Menurut mereka, pada saat para oknum melakukan perampasan motor, korban sudah melunasi seluruh angsuran utang ke KSP Sehati.

“Kembalikan kendaraan konsumen yang telah dirampas oleh oknum matel suruhan KSP Sehati. Proses hukum oknum matel yang telah melakukan tindak pidana perampasan, dan KSP Sehati harus menggunakan jasa kolektor yang memenuhi syarat dan ketentuan hukum,” kata Andres, Ketua KKPMP MC Malingping.

Saat ditemui di lokasi aksi, Andi, korban perampasan motor oleh oknum debt Collector tersebut menerangkan bahwa motor miliknya itu dirampas di wilayah Mauk, Tangerang pada pertengahan bulan Ramadhan lalu.

“Saya dicegat di jalan. Matelnya berjumlah 7 orang. Beberapa orang ngajak ngobrol, yang lainnya ngambil motor,” ucap Andi.

Andi mengaku tidak terima atas perampasan sepeda motor miliknya itu, lantaran kata dia, utangnya ke KSP Sehati sudah lunas.

“Hanya ada sisa tunggakan denda Rp800 ribu,” tukasnya.

Baca Juga :  POLRES JOMBANG GELAR APEL PENGECEKAN POS CHEK POIN PENYEKATAN

Suasana sempat panas, namun pihak KSP mengajak perwakilan dari KKPMP untuk berdialog dan berakhir menghasilkan surat pernyataan tertulis dari pihak KSP Sehati Malingping yakni penggantian uang yang ditaksir sesuai harga unit motor yang dirampas.

Dalam isi surat yang ditanda tangani pihak KSP Sehati dan para saksi tersebut tertulis, Agus Kamid, Jabatan Brans Manajer di KSP Sehati Makmur Abadi, menyatakan bahwa pihaknya akan mencari keberadaan unit, milik anggota (Bp Andi) yang merasa unit dirampas oleh oknum, dan akan membantu keberadaan unit dalam waktu 1 minggu terhitung dari tanggal 18 April 2024 s/d 25 April 2024. Dan apabila dalam kurun waktu tersebut unit tidak ditemukan, maka pihak KSP Sehati siap untuk mengganti dengan nominal Rp 11.500.000,- (Sebelas juta lima ratus ribu rupiah).

Sementara Rendi, selaku legal dari Koperasi Sehati Abadi saat ditemui usai aksi demo mengaku oknum yang merampas motor tersebut bukan atas perintah pihaknya. Bahkan pihaknyapun merasa dirugikan oleh oknum yang mengaku bagian dari koperasi tersebut.

“Sehati juga merasa bukan Sehati yang menarik itu, kita termasuk korban juga, menurut kita ya,” ujarnya.

“Merasa dirugikan kita. Kemungkinan kita akan buka LP juga untuk langkah selanjutnya,” imbuhnya.

Diketahui aksi tersebut mendapat pengawalan ketat dari gabungan jajaran Polsek Malingping, Koramil 0313/Malingping, serta Sat Pol PP Kecamatan Malingping sehingga berjalan aman dan kondusif.

Kontributor_Lebak
Jurnalis : Heru Kz