Proyek Pengadaan Wastafel Di Kabupaten Lebak Di Duga Proyek Siluman

Proyek Pengadaan Wastafel Di Kabupaten Lebak Di Duga Proyek Siluman

LEBAK busernusantar.com. Pengadaan alat pencuci tangan (wastafel) yang tersebar di setiap desa di Kabupaten Lebak diduga menjadi proyek siluman.Hal itu disampaikan Maskur Ketua LSM Dinamika Rakyat Pada Minggu (15/08/2021).

Pasalnya bahwa penggunaan alat tersebut di nilai mubadzir oleh aktivis dari beberapa LSM yang berkunjung ke tiap desa untuk melakukan pengawasan (social control).
Ketua LSM Dinamika Rakyat menjelaskan, bahwa setiap desa rata-rata belanja wastafel sebanyak dua sampai 4 unit dan harganya sangat mahal, yaitu 1 unit wastafel harganya mencapai 3 juta lebih.

“Dari hasil investigasi kami di lapangan, pihak pengrajin Dwi Putra Las yang beralamat di Desa Aweh, Rangkasbitung ia mendapat pesanan ini dari seseorang yang bernama pak Ade. Dia mengaku program dari BPBD dengan jumlah pesanan sebanyak 500 unit, dan saat ini yang sudah terkirim baru 100 unit wastafel dengan harga Rp.1,5 Juta perunitnya,” ungkap Maskur.

Lanjut Maskur, anehnya ketika dirinya mendatangi kantor BMPD Kabupaten Lebak dan bertemu langsung dengan Kepala Dinas, terungkap bahwa pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tidak mengetahui sama sekali adanya proyek pengadaan wastafel untuk setiap desa yang ada di Kabupaten Lebak.

Padahal seharusnya, menurut Ketua LSM Dinamika Rakyat ini DPMD selaku dinas yang membawahi desa mengetahui apapun kegiatan yang ada di desa, apalagi menyangkut penggunaan anggaran yang bersumber dari ADD.

Maskur mengatakan, setelah pihaknya melakukan klarifikasi kepada DPMD Kabupaten Lebak mendapat penjelasan bahwa program tersebut bukan kewenangan dari DPMD Kabupaten Lebak dan merasa tidak terima adanya pencatutan nama DPMD Kabupaten Lebak bahkan menurut pihak DPMD Lebak hal demikian merupakan pencemaran nama baik dinas dan harus dilaporkan ke pihak aparat penegak hukum.

Setelah melakukan klarifikasi kepada Kepala Dinas DPMD Kabupaten Lebak. Namun belum ada klarifikasi lanjutan apapun hingga berita ini ditayangkan.

Ref.Zainal & Ridwan

-Busernusantara.com-
-Puskominfo Indonesia-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *