PT Bofa Nova Niaga dan Agen Mekarwangi Menyalurkan Beras BPNT/BSP Dengan Izin Edar Palsu

PT Bofa Nova Niaga dan Agen Mekarwangi Menyalurkan Beras BPNT/BSP Dengan Izin Edar Palsu

 

Bogor, 11 April 2021
busernusantara.com

Suplai beras program Bantuan Sosial Pangan (BSP) atau yang dulunya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Bogor, PT Bofa Nova Niaga menggunakan beras kemasan dengan merk 2 Kate saat penyaluran di agen Mekarwangi kelurahan Mekarwangi Kecamatan Tanah sareal Kota Bogor Sabtu 10 April 2021.


Berdasarkan hasil pemeriksaan sample bahan pangan priogram sembako yg dikeluarkan Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Kota Bogor Jumat tanggal 5 maret 2021, beras kemasan merk 2 Kate dinyatakan tidak memiliki Ijin edar Kementan dan tidak memenuhi kategori beras premium.
Sebelumnya Agen BNI 46 Mekarwangi milik Bambang Irawan adalah salah satu agen yang diundang dan diminta bahan pangannya mewakili para agen atau E Warung yang bekerjasama dengan PT Bofa Nova Niaga untuk mengikuti uji pemeriksaan bahan pangan program bantuan sembako yang dilakukan oleh dinas sosial bekerjasama disperindag, dinas ketahanan pangan dan pertanian serta polresta Kota Bogor.
Bambang yang telah menjalani uji bahan pangan dan telah menerima hasil pemeriksaan justru mengaku bahwa dirinya tidak tahu kalo beras kemasan merk 2 Kate tidak memiliki ijin edar kementan ataupun ijin edar yg ditempel pada beras kemasan tersebut bukan milik beras kemasan merk 2 kate.

Sementara itu Tidak lolosnya beras merk 2 kate dalam proses verifikasi, diduga telah membuat pihak PT Bova Nova Niaga mencari cara agar beras merk 2 Kate bisa tetap masuk program BSP di Kota Bogor dengan menempel stiker beras merk 2 Kate dengan nomor ijin edar KEMTAN RI PD. 32.12-A.1.00-01-00506-12/20. Dengan keterangan beras PREMIUM.
Sementara itu berdasarkan data pada Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jawa Barat, ijin edar yang tertempel dan terdaftar pada Kementan adalah jenis beras MEDIUM dengan merk dagang Sinar Tani Emas.

Upaya manipulasi ijin edar kementan yg dilakukan oleh PT Bova Nova Niaga pada beras kemasan merk 2 kate adalah tindakan mengelabui edaran walikota serta kebijakan dinas sosial kota bogor agar beras kemasan yg disalurkan pada program BSP lolos dalam penyaluran ke Masyarakat. Sedangkan Beras yang disalurkan harus beras berkualitas premium dan memiliki ijin edar kementan.
Selain itu tindakan PT Bova Nova Niaga diduga telah melakukan tindak pidana penipuan, karna telah melabeli beras kemasan merk 2 Kate dengan Ijin Kementan yg menjadi milik beras kemasan merk sinar Tani Emas.

Sebelumnya, walikota bogor, Bima Arya sudah mengeluarkan surat edaran NO 061/1006- DinsosTentang Pelaksanaan program sembako tahun 2021, dalam surat edaran tersebut Bima menyatakan bahwa beras yg disalurkan pada program BSP harus berkualitas premium sesuai permendag RI Nomor 57 tahun 2017, Permendag RI Nomor 59 tahun 2018 serta Permentan RI Nomor 59 Tahun 2018.

Ref. Albar
Busernusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *