News

Sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan Samisade tahap 1 Desa Kalongliud

Spread the love

 

Kab Bogor-Pemerintah Desa Kalongliud Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor adakan Sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan Program Bantuan Keuangan Infrastruktur, Satu Milyar Satu Desa ( Samisade ) tahap 1 yang bertempat di Aula Kantor Desa, senin 31 juli 2023.

Kegiatan ini di hadiri oleh Sekcam Kec Nanggung, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para Ketua Rt dan Rw, LPMD, Ketua dan anggota BPD Desa Kalongliud dan Tim Pengelola Kegiatan.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman S.Pdi menyampaikan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian tindak lanjut Sosialisasi Program bantuan Keuangan Infrastruktur Desa yang lebih Familiar di sebut Satu Milyar Satu Desa (Samisade).

“Khusus untuk Desa Kalongliyd pada hari ini kami masuk ke tahap Sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan yang perlu di publikasikan kepada warga masyarakat” katanya.

Jani Nurjaman S.Pdi menegaskan “Program ini merupakan Amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang di atur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 dan 114 tentang pembangunan desa, sehingga di desa ini harus memuat rangkaian pembangunan yang terintegrasi”tegasnya.

Perlu di ketahui untuk program bantuan keuangan ini sesuai dengan amanat Peraturan Bupati Bogor Nomor 69 tahun 2022 tentang Pedoman bantuan Keuangan Infrastruktur di Desa.

“Anggaran yang kami terima pada tahan 1 ini baru terealisasi 60% dari Rp 1.000.000.000,- yaitu Rp 600.000.000,- yang akan di alokasikan untuk dua kegiatan, yang pertama untuk pembangunan tembok Penahan Tanah ( TPT ) dan yang kedua untuk pembangunan Betonisasi jalan lingkungan ( jaling ) yang tersebar di 10 Rw se Desa kalongliud.

“Adapun kegiatan ini kami lakukan agar masyarakat wajib tau, baik dari sisi volume yang akan di bangun di tiap-tiap wilayah, maupun jumlah anggaran, karena ini anggaran Bantuan Keuangan yang bersumber dari dana APBD Kab Bogor”, ucapnya.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Timur, Gerebek Pabrik Sabu Rumahan di Cipayung

Kepala Desa yang akrab di sapa Jaro Jani berharap “Pertama dengan adanya Samisade ini patut kita syukuri,patut kita manfaatkan, yang mana program samisade ini sangat membantu kami khususnya pemerintah desa dan masyarakat pada umumnya”tutupnya.