News

Kepala Desa Cisuren Diduga Blokir Kontak Wartawan Saat Konfirmasi Proyek Jalan

Spread the love

 

Lebak_Bn
Kepala Desa Cisuren memblokir kontak wartawan dari media PolisiNews.com ketika dikonfirmasi mengenai proyek pembangunan jalan di desanya. Padahal, peran pers sangat penting untuk mengawasi penyaluran dana negara ke desa-desa.

Dani Saeputra, Kepala Perwakilan Banten Media PolisiNews.com, berencana melaporkan Kepala Desa tersebut ke Dinas PMD Kabupaten Lebak. Hal ini bertujuan agar seluruh kepala desa di Lebak dapat menjalankan tugasnya secara profesional, mengingat mereka dipilih oleh rakyat dan harus bisa diawasi oleh masyarakat.

IMG 20240727 WA0052

Dani Saeputra mengatakan, awalnya ia ingin menanyakan tentang pembangunan jalan rabat beton di Desa Cisuren, Kecamatan Bayah. Namun, ia malah mengalami dugaan perlakuan tidak pantas dari kepala desa.

Dani Menjelaskan sebelumnya mencuat dugaan Pembangunan jalan rabat beton tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), di mana ketebalan jalan seharusnya 10 cm, namun yang ditemukan hanya 0,8 cm.

Proyek ini menggunakan dana desa (APBDES) yang merupakan uang rakyat, sehingga masyarakat memiliki tanggung jawab untuk mengawasi pengelolaannya. Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) terkait tidak memberikan jawaban ketika dikonfirmasi mengenai ketebalan jalan. Sementara itu, pendamping desa tidak merespons permintaan konfirmasi dan hanya memberikan nomor TPK dan Sekretaris Desa.

Atas dugaan Perilaku Kepala Desa Cisuren yang memblokir wartawan memicu kekecewaan aktivis. Salah satunya Ketua DPC Ormas GPN 08, Dede, menegaskan bahwa tindakan Kepala Desa tersebut harus dilaporkan Dinas PMD. Dede menilai bahwa kepala desa seharusnya melayani semua pihak yang ingin mengkonfirmasi perkembangan pembangunan, bukan malah menolak wartawan.

Kontributor_Lebak
Jurnalis : Heru Kz

Baca Juga :  Polri Sebut Pengkaderan Teroris Muda Jamaah Islamiyah Sangat Rapi