News

KSAD Dudung Abdurachman Resmikam 1.345 Sumur Bor & Pompa Hidran Di Kabupaten Lebak

Spread the love

 

Lebak,(BN)-Kepala Stap Angkatan Darat atau KSAD Jenderal Dudung Abdurachman meresmikan 1.345 sumur bor dan pompa hidran yang dibangun prajurit TNI AD untuk warga di Lebak Gedong, Lebak, Banten. Dudung berharap sumur bor dan pompa air ini dapat membantu kehidupan 240.049 warga di sana.
“Air jadi segala sumber dari kehidupan, oleh karenanya target saya seluruh daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh pemerintah daerah (bantuan fasilitas air bersih),” kata Dudung di Lebak, Selasa (25/7/2023).

Dudung mengatakan warga di sejumlah daerah masih kesulitan untuk mengakses air bersih. Dia mengatakan prajurit TNI harus membantu warga, salah satunya lewat program manunggal air.

TNI AD harus hadir di tengah-tengah rakyat dan harus menjadi solusi. Kedua TNI AD harus berdampak di mana pun bertugas dan berada. Sejumlah daerah yang tadinya belum terjangkau air dan saat ini sudah terjangkau air,” tuturnya.

Dudung lalu mengenang pengalamannya bertugas di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dudung mengatakan warga di sana dulu harus menempuh jarak 3-4 km untuk mendapatkan air bersih.

“Ada pengalaman saya di NTT, sampai masyarakat bilang ‘Sejak dunia ini ada, belum ada air yang sampai ke atas gunung’. Biasanya masyarakat harus mengambil air 3-4 km, sekarang air sudah mengalir di depan rumahnya masing-masing,” ucap Dudung.

Selain meresmikan fasilitas air bersih, Dudung meresmikan program percepatan penurunan stunting di wilayah Korem 064/MY. Dia mengatakan program ini sebenarnya sudah berjalan lama.

“Program berjalan sudah lama, banyak hal yang kita lakukan seperti ketahanan pangan food estate dan manunggal air, Babinsa masuk dapur serta pendampingan dalam rangka penurunan stunting,” jelasnya.

Baca Juga :  Tidak Ada Penindakan Penambang Pasir Ilegal Terus Beroperasi dikawasan Pantai Cimandirilaut Lebak

“Intinya perintah Bapak Presiden, kesejahteraan rakyat ini menjadi hal yang utama dan prioritas utama sehingga nanti muncul ketahanan negara dalam rangka cinta bangsa dan tanah air,” sambungnya.(BN/Lebak)