News

271 Calon Jemaah Haji Kabupaten Lebak Menunggu Jadwal Keberangkatan Ke Tanah Suci

Spread the love

 

Lebak,Busernusantara.com,- Sebanyak 271 calon jemaah haji asal Kabupaten Lebak, Banten akan berangkat ke Arab Saudi tahun ini,para Jemaah masih menunggu jadwal keberangkatan yang masih dibahas di Kanwil Kemenag Banten.

“271 orang ya tahun ini. Hari ini masih rapat masalah keberangkatan, kalau kloter pertama pemberangkatan 4 Juni, kalau kloter kedua sekitar 19 Juni”.

“Belum dipastikan keberangkatannya kapan, masih musyawarah di provinsi untuk jemaah Kabupaten Lebak,” kata Kepala Kemenag Lebak Badrussalam , Selasa (24/5/2022).

Badru mengatakan calon jemaah diwajibkan mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Kemenag Lebak.

Menurutnya, manasik merupakan bagian penting untuk memahami pelaksanaan ibadah haji,para calon jemaah haji juga diwajibkan mengikuti vaksinasi COVID-19.

“Persyaratan vaksin satu, dua, tiga. Sekarang juga masih berjalan manasik haji dan vaksinasi di Masjid Agung. Insyaallah semua sudah vaksin dan memahami pelaksanaan haji sesuai syariat dan rukun yang ada,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan soal biaya yang dibayarkan para calon jemaah haji tahun ini. Menurutnya, ada subsidi yang diberikan pemerintah untuk calon jemaah.

“Normalnya sekitar Rp 82 juta kurang ya. Karena disubsidi pemerintah jadi jemaah haji hanya membayar Rp 39 juta sekian. Peruntukannya untuk penerbangan, konsumsi, akomodasi, dan lainnya,” jelasnya

Dirinya mengimbau calon jemaah haji selalu menjaga kesehatan,dia berharap pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar.

“Yang pertama, dijaga kondisi kesehatan, ikuti manasik hajinya, agar kita tahu tata cara hajinya nanti. Sebab, bagaimanapun kita harus mendalami ilmu manasik haji agar pelaksanaan hajinya bisa sesuai dengan syarat dan rukun ibadah haji dan ketika sudah melaksanakan haji, kita berharap semua jemaah bisa menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Baca Juga :  Rayakan Imlek, 32 Narapidana Konghucu Dapat Remisi Khusus

(Kontributor Lebak)