IMG 20220521 WA0125

Arek Suroboyo bergerak tabur bunga di makam Dokter Soetomo

News
Spread the love

 

Busernusantara.com, Surabaya – Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Peringatan ini mangacu pada Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Sejak saat itu, Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum penting untuk mengingat kembali sejarah Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

IMG 20220521 WA0124

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional Melansir dari situs disdik.grobogan.go.id, diterangkan bahwa kebangkitan nasional Indonesia berlangsung pada paruh pertama abad ke-20. Saat itu, masyarakat Indonesia mulai memiliki rasa kesadaran sebagai “orang Indonesia”. Hal tersebut ditandai dengan adanya dua peristiwa bersejarah yaitu berdirinya organisasi Budi Utomo dan ikar Sumpah Pemuda.

Berbicara Kebangkitan Nasional tidak lepas dari Tokoh yang Makamnya ada di Gedung GNI Jl. Bubutan Surabaya. Ya, disanalah Dokter Soetomo dimakamkan.

20/05/2022 , Arek Suroboyo Bergerak atau ASB melakukan Ziarah bersama sesepuh pergerakan Surabaya.

Menurut Diana Rosiana Samar, biasa dipanggil Diana Samar, ketua ASB, acara ini bertujuan mengingat-kan kembali jasa para PAHLAWAN khususnya Dokter Soetomo yang melahirkan organisasi pergerakan BUDI UTOMO serta agar generasi muda tidak lupa kepada sejarah bangsanya.

Sesepuh ASB Bapak Suhadak (Pak Poh) menghimbau generasi muda jangan lupa bahwa dahulu ada gerakan para NASIONALIS, jangan sampai anak muda lupa dengan Euforia Kemerdekaan. Kembali merajut rasa Nasionalis agar Indonesia bisa lebih maju.

Sekretaris Jenderal ASB Dicky…
menambahkan anak muda sudah banyak yang lupa akan sejarah kota nya terutama Surabaya sebagai lahirnya gerakan Budi Utomo, akibat kurang perhatian-nya pemangku jabatan yang kurang perhatian terhadap perjalanan sejarah kota. Pungkas-nya. (Bram BN)

Baca Juga :  Bocah yang Cegat Truk Kontainer untuk Konten Tempurung Kepalanya Pecah