IMG 20230604 WA0071

Jalan Berlubang Warga Asem Kabupaten Lebak Harus Zig-zag Hindari Lubangan

News
Spread the love

 

Lebak,(BN) – Jalan alternatif menuju Rangkasbitung di Desa Asem, Kecamatan Cibadak, Lebak, Banten, rusak parah. Lubang dengan ukuran besar terlihat di sejumlah titik.

Pantauan busernusantara.com Cibadak,Minggu (04/6 /2023), jalan yang rusak berada di perbatasan Kecamatan Cibadak dengan Kecamatan Warunggunung. Lubang di jalan ini juga terlihat tergenang air.

Pengendara yang melintas harus berjalan zig-zag untuk menghindari lubang. Selain itu, tidak ada lampu jalan di sepanjang jalan ini.

Seorang warga, Bagas, mengaku selalu lewat jalan alternatif ini untuk bekerja di Rangkasbitung. Dia mengaku lewat jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di Jalan Raya Rangkasbitung-Pandeglang.

“Dibanding lewat jalan utama yang ramai mobil, kadang juga suka macet,” kata Bagas.

Menurut warga, jalan alternatif mulai rusak pada akhir 2021. Dia berharap pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut.

“Udah rusak kayaknya 2 tahunan. Ingin banget jalannya diperbaiki, biar lebih nyaman lagi,” tuturnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak Irfan Suyatuvika mengatakan jalan alternatif di Kecamatan Cibadak yang rusak akan diperbaiki tahun ini. Tercatat ada 3,7 km jalan rusak dari total panjang jalan 7,9 km.

“Nama ruas Pasir Jati-Cibadak, ya (rusak), tahun ini ada penanganan tapi hanya 1 km,” kata Irfan.

Irfan menjelaskan perbaikan jalan masih proses persiapan lelang. Perbaikan jalan menggunakan anggaran dari bantuan keuangan Provinsi Banten dengan pagu anggaran Rp 1,4 miliar.

“Sekarang sedang mempersiapkan dokumen lelang sambil menunggu pergeseran bantuan keuangan. Mudah-mudahan di bulan Juli sudah pelaksanaan,” ujarnya.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 DPR Tinjau Kesiapan 'New Normal' Kemenag