IMG 20230510 WA0127

Mengambil Langkah Inovatif, Ormas JBB Mendirikan Koperasi KSU JBB Jaya Makmur Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

News
Spread the love

 

Lebak, – BN,Organisasi Masyarakat (Ormas) Jawara Banten Bersatu “JBB” DPD Kabupaten Lebak memutuskan untuk mengambil langkah yang inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Baru-baru ini JBB memutuskan untuk mendirikan sebuah koperasi yang diberi nama Koperasi KSU JBB JAYA MAKMUR sebagai wadah bagi anggota untuk berkolaborasi, berbagi sumber daya, dan memperoleh Manfaat ekonomi bersama.

IMG 20230510 WA0126

Dengan semangat gotong royong dan visi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, JBB mengajak seluruh anggotanya untuk berpartisipasi dalam pembentukan koperasi.

Rabu, 10 Mei 2023 sebuah rapat diadakan untuk membahas rencana ini. Acara tersebut diadakan di Kecamatan Banjarsari Kabupaten Lebak Banten.

Dalam acara tersebut hadir para pengurus DPD JBB Kabupaten Lebak mulai dari KSB, Perwakilan Pengurus DPC yang sudah terbentuk di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak.

Semua yang hadir dengan semangat dan antusiasme yang sama, yaitu membangun koperasi yang akan menjadi sumber kekuatan ekonomi bagi anggota dan Masyarakat.

Pada rapat tersebut, membahas berbagai hal diantaranya koperasi ini akan berfokus pada sektor usaha UMKM, pertanian, kerajinan tangan, dan perdagangan lokal,nasional, Bahkan Internasional. Seluruh anggota Perwakilan yang hadir bersama-sama menentukan tujuan koperasi, struktur organisasi, dan mekanisme pengambilan keputusan.

Setelah rapat selesai, tahap implementasi dimulai. Anggota Ormas JBB secara aktif terlibat dalam proses pendaftaran koperasi dan memenuhi semua persyaratan hukum yang diperlukan. Mereka juga mendapatkan dorongan dari pemerintah setempat, Lembaga,Media serta organisasi lainnya yang ada di Kabupaten Lebak.

Albert Alpian, Selaku Sekretaris DPD JBB Kab.Lebak mengatakan, Koperasi ini insallah akan membawa manfaat yang signifikan bagi anggota. Mereka dapat memperoleh akses yang lebih baik ke sumber daya, memperkuat daya tawar dalam negosiasi dengan pemasok dan pembeli, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Keuntungan yang dihasilkan dari koperasi ini kemudian dapat digunakan untuk membiayai program sosial dan pengembangan komunitas.”katanya, Rabu (10/5/23)

Baca Juga :  Subsidi Upah Ditargetkan Cair Akhir Agustus, Menaker Terima Data 2,5 Juta Calon Penerima

Selain itu menurutnya, koperasi ini juga dapat memberikan peluang bagi anggota Ormas untuk belajar dan bertukar pengetahuan. Kami akan terus mengembangkan dengan mengadakan pelatihan dan lokakarya internal untuk meningkatkan keterampilan dalam mengelola usaha, mengembangkan produk, dan memasarkan hasil produksi.”ungkapnya

Dengan semakin berkembangnya koperasi ini, semakin banyak masyarakat di sekitar mereka yang tertarik untuk bergabung. Mudah-mudahan Program JBB ini dengan mendirikan sebuah Koperasi akan menjadi contoh inspiratif bagi organisasi masyarakat lainnya, menunjukkan potensi kolaborasi dan kemandirian ekonomi dalam meningkatkan anggota dan secara luas dapat membantu Masyarakat pada umumnya.”Pungkasnya.

Kontributor_Lebak
Jurnalis : Heru kz & Toton m/ Bento